Madrasahku

Madrasahku
Sholat Idul Adha

Kamis, 16 Februari 2012

Profil MTs N Kota Tegal

Profil MTs N Kota Tegal

GAMBARAN UMUM
TENTANG MTsN MARGADANA KOTA TEGAL

Sejarah singkat
            Madrasah Tsanawiyah Negeri Margadana Kota Tegal awalnya berdiri atas gagasan dan inisiatif dari Bapak Drs. H. Moh. Sofie H. (Rohimahulloh) Kepala Kandepag Kota Tegal pada bulan Juni 1993. Saat itu beliau menugasi Bapak Bakir Asruri, S. Ag. pegawai Kandepag Kota Tegal sebagai ketua panitia “Pendirian Madrasah Tsanawiyah Margadana”. Dengan dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat dari desa Margadana, Kaligangsa, dan sekitar Kota Tegal di antaranya Bapak H. Thobi’in, H. Sya’roni, Sunaskam, B.Sc., Haris Mufrodi, dan Drs. Nurokhim, panitia segera mengadakan rapat pada tanggal 8 Juni 1993 di Kandepag Kota Tegal.
            Dalam rapat itu juga dihadiri oleh calon Kepala Madrasah  Bapak Nadi, S.Ag, calon guru, dan calon pegawai. Rapat tersebut yang dilanjutkan dengan rapat berikutnya menghasilkan kesepakatan dan diputuskan “Bahwa di Kota Tegal perlu didirikan lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah (persiapan) Negeri”. Saat itu nama MTs yang didirikan adalah “Madrasah Tsanawiyah Negeri Filial Slawi di Margadana”.
            Tepatnya pada tanggal 19 Juli 1993 dibukalah MTs Negeri Filial Slawi di Margadana sekaligus dibuka pendaftaran calon siswa baru yang pertama untuk tahun pelajaran 1993/1994. Panitia pendaftaran calon siswa baru itu diketuai oleh Bapak Sunaskam, B.Sc  Selanjutnya Kegiatan Belajar Mengajar menempati bangunan MDA PUI Margadana. Tercatat dalam pendaftaran siswa baru terrsebut sebanyak 55 anak dan  diampu oleh 13 Guru Tidak Tetap (GTT) atau tenaga honorer.
            Pada perkembangan selanjutnya,  hingga tahun pelajaran 1995/1996 jumlah siswa mencapai 156. Pada tahun itu juga, MTsN Margadana berhasil meluluskan 54 siswa dari peserta ujian 55 siswa. Keaadan sarana yang masih  memprihatinkan merupakan penyebab kendala kemajuan MTs pada saat itu. Walaupun statusnya filial, tetapi sekolah pada saat itu belum memiliki gedung sendiri. Hal tersebut berlangsung hingga tahun 1998 yang masih “menumpang” di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) PUI Margadana. Status MTs N filial Slawi di Margadana berganti menjadi MTs Negeri Margadana Kota Tegal dengan ditandai Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 515 A/A/95 tanggal 25 November 1995. Tepatnya pada tanggal 20 Juni 1996 resmi berubahnya MTs N filial Slawi di Margadana berganti menjadi MTs Negeri Margadana Kota Tegal.
            Dengan semangat pantang menyerah, Bapak Nadi, S.Ag beserta para guru dan karyawan terus mengembangkan MTs. Karena jumlah siswa yang terus bertambah dan gedung tidak dapat menampungnya, selanjutnya Bapak Kepala Madrasah beserta para guru dan pegawai meminjam gedung MDA Sumurpanggang, kemudian pindah ke MDA Kaligangsa (Masjid “Baitur Rohman”) sampai MDA Pesurungan Kidul Kota Tegal. Saat itu jumlah siswa mencapai 244 siswa dengan jumlah rombongan belajar 6 kelas.
            Pada Tahun Anggaran 1998/1999 MTsN Margadana mendapat proyek pembangunan ruang belajar sebanyak 3 ruang kelas. Proyek pembangunan 3 ruang kelas itu dibangun di atas tanah wakaf dari Ibu Hj. Ismail seluas 3610 m2 berkat lobi dari Drs. H. Mulyono, selaku Kakandepag Kota Tegal. Selanjutnya siswa yang menempati di gedung MDA Kaligangsa dipindah ke gedung baru MTsN yang berlokasi di Jalan. Pendidikan Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal. Selanjutnya siswa yang 3 kelas dipindahkan  ke MDA Pesurungan Kidul.
            Perjuangan selanjutnya, para guru dan karyawan baik yang berstatus PNS maupun guru/karyawan honorer dengan gotong royong (swadaya) membangun Kantor dan 2 (dua) ruang kelas. Hingga tahun pelajaran 2004/2005 MTsN Margadana mempunyai 35 guru dan pegawai, 670 siswa dengan jumlah ruang kelas 16 serta ruang kantor. Keadaan tersebut berlangsung sampai tahun 2001.
            Tepatnya pada tanggal 27 Februari 2001, Kepemimpinan Madrasah beralih dari Bapak Nadi, S. Ag kepada Bapak H. Achfas Tafsir mantan Kepala MTsN Babakan. Bapak H. Achfas Tafsir menjabat Kepala Madrasah dari tahun 2001 sampai 2003 (22 bulan). Selanjutnya Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. Wachidin tahun pelajaran 2003-2005 (22 bulan). Pada tahun pelajaran 2005-2006 Kepala madrasah dijabat oleh Bapak H. Noor Salim Mochtar. Selanjutnya dari tahun pelajaran 2006/2007 sampai 2008/2009 Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. Muh. Muntoyo, M.Pd. Pergantian Kepala sempat ada kekosongan dan dijabat sementara oleh Bapak Drs. H. Kamaluddin,M.M. selaku Plt sampai dua kali pada tahun 2005 dan tahun 2006 (awal tahun 2007).
            Saat ini, tahun pelajaran 2008/2009 perkembangan MTsN semakin pesat. Jumlah guru dan karyawan mencapai 62 orang dan jumlah siswa 974 anak (23 rombongan belajar), dengan jumlah ruang mencapai 34 ruang meliputi:
  • 23 ruang belajar
  • 1 ruang laboratorium komputer
  • 1 ruang perpustakaan
  • 1 ruang koperasi
  • 1 ruang kantin
  • 1 Masjid
  • 1 ruang Kepala Madrasah
  • 1 ruang Tata Usaha
  • 1 ruang pengolahan data
  • 1 ruang BK dana UKS
  • 1 ruang guru dan OSIS
  • 1 ruang laboratorium IPA
  • 5 kamar mandi siswa
  • 3 kamar mandi guru dan karyawan.

VISI DAN MISI MTsN MARGADANA KOTA TEGAL

VISI
MENJADI SEKOLAH ISLAMI UNGGULAN DAN TERPERCAYA


MISI
“IKHLAS“
I                                   Ilmiah
Berusaha untuk menghidupkan suasana kehidupan yang Ilmiah (berlandasan Ilmu) dalam upaya setiap aspek pembelajaran.
K                                 Kepribadian Islami
Mewujudkan kehidupan Islami pada seluruh komponen madrasah sehingga terwujud kepribadian Islam
H                                 Hidupkan potensi
Meningkatkan sumber daya manusia untuk jenjang pedidikan yang lebih tinggi
L                                 Lintas antarlembaga
Membangun sinergi dengan lembaga pendidikan lainnya
A                                 Aplikasi dalam kehidupan
Mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat
S                                  Selalu menjadi motivator
Memotivasi diri sendiri dan masyarakat akan pentingnya pendidikan Islam


                                                                       
Di  antara Prestasi yang pernah diraih

1.      Terbaik I Putra / Putri dalam MTQ Pelajar se – Kota Tegal tahun 2004, 2005, dan 2006
2.      Terbaik I Tenis Meja Putri PORSENI Pelajar Kota Tegal tahun 2005
3.      Terbaik I Lari 800 m dan 1500 m Putri PORSENI Pelajar Kota Tegal tahun 2005
4.      Terbaik IV dalam Olimpiade Matem├ítika Pelajar se – Kota Tegal tahun 2004
5.      Terbaik VI Seleksi Pelajar Teladan se – Kota Tegal tahun 2007
6.      Terbaik III Guru Berprestasi Kanwil Prov. Jawa Tengah tahun 2006/2007
7.      Terbaik I Rebana dalam HUT MAN Kota Tegal tahun 2006
8.      Terbaik II Drum Band dalam Pawai Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2006
9.      Guru Berprestasi III Tingkat MTs se – Jawa Tengah tahun 2006 (Ghusni Darodjatun, S.Pd)
10.  Guru Berprestasi dalam Seleksi S2 ke Univ. Indonesia tahun 2007 (Drs. Alif Sarifudin mata pelaran Bahasa Indonesia)
11.  Guru Berprestasi I Tingkat MTs se – Jawa Tengah tahun 2008 (Ghusni Darodjatun, S.Pd)

MTs NEGERI MARGADANA KOTA TEGAL
DARI MASA KE MASA

A.    Pra MTs
Madrasah Tsanawiyah filial Slawi di Margadana
Periode Nadi, S.Ag (1993-1995)
Pada tanggal 19 Juli 1993 berdirilah MTs Negeri Slawi Filial Margadana Kota Tegal, sekaligus menerima pendaftaran murid baru untuk Tahun Pelajaran 1993/1994, Panitia Pendaftaran Murid Baru diketuai oleh Bapak Sunaskam, B.Sc. Selama pendaftaran murid baru, terdaftar calon murid baru sebanyak 55 anak dan diterima semua sebagai “anak mbarep”. Inilah awal murid baru pertama kali bagi MTs Negeri Slawi Filial Margadana Kota Tegal. Dan pertama kali KBM diampu oleh 13 orang guru tidak tetap (GTT).
Pada perkembangan selanjutnya, hingga Tahun Pelajaran 1995/1996 jumlah murid bertambah, mencapai 156 orang murid dan pada tahun itu dan pada Tahun itu MTs dapat meluluskan 54 anak dari total 55 anak dan 1 anak tidak lulus. Kemudian pada tahun 1995 resmilah Kota Tegal memiliki MTs Negeri sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 515.A tanggal 25 Nopember 1995, dan pada tanggal 20 Januri 1996 diresmikan oleh Walikota Tegal Bapak. H.M. Zakir pada saat itu
Dengan semangat, sabar, dan pantang menyerah, Kepala MTs pada saat itu Bapak Nadi. S.Ag (Rahimahullaah) beserta para guru dan pegawai, membawa anak didiknya berpindah-pindah tempat, mecari ruang belajar. Dari MDA PUI Margadana berpindah ke MDA Kaligangsa lantai bawah Masjid” Baiturrahman” Kaligangsa kemudian berpindah lagi ke MDA Sumurpanggang. Rombongan belajar pada saat itu sudah mencapai 2 kelas perjenjang atau semuanya 6 kelas dengan jumlah murid mencapai 244 orang.

B.     MTs Negeri Margadana Kota Tegal
1.   Periode Nadi S.Ag ( Tahun 1995 s.d tahun 2000)
Pada Tahun Anggaran 1998/1999 MTs Negeri Margadana mendapat proyek pembangunan RKB sebanyak 3 ruang kelas, di atas tanah wakaf dari keluarga Ibu Hj. Rukhayah Ismail seluas 3610.m2 dan bantuan Pemda Kota Tegal seluas 4400m2, berkat lobi Bapak Drs. H. Mulyono, Kepala Kandepag Kota Tegal pada saat itu dengan keluarga waqifah. Karena sudah memiliki gedung sendiri siswa diboyong lagi untuk menempati gedung baru di desa Pesurunganlor, tetapi yang dapat diboyong hanya 3 kelas, yang 3 kelas masih tetap belajar di gedung MDA Pesurungan kidul milik Bapak H. Imron (Rahimahullaah). Melihat kondisi seperti itu para guru dan pegawai merasa ikut prihatin, maka berdasarkan rapat BP3 diputuskan untuk pinjam di Bank BPD Jateng cabang Tegal dengan agunan SK dari para guru dan pegawai, dengan uang pinjaman itu maka dibangunlah 3 ruang kelas sehingga murid yang belajar di MDA Pesurungan Kidul dapat bersatu dengan teman-temannya di gedung baru di Pesurungan Lor. Sedangkan untuk mengangsur pinjaman tersebut para guru dan pegawai rela menyisihkan sebagian gaji/honornya, walaupun gaji/honor yang mereka terima tinggal sedikit tetapi semangat berjuang dan bekerja mereka sangat tinggi.
2.   Periode Drs. H. Achfas Tafsir (Tahun 2000 s.d tahun 2002)
Tepatnya pada tanggal 27 Februari 2001, Kepemimpinan Madrasah beralih dari Bapak Nadi, S. Ag kepada Bapak H. Achfas Tafsir mantan Kepala MTsN Babakan. Bapak H. Achfas Tafsir menjabat Kepala Madrasah dari tahun 2001 sampai 2003 (22 bulan). Dalam kepemimpinannya yang paling menonjol adalah penekanan kedisiplinan. Slogan yang selalu menjadi mottonya adalah 4 S yaitu Salam, Senyum, Sopan, Segera. Berkat lobi dan kepemimpinannya, penambahan ruang kelas baru pun semakin bertambah. Tepatnya pembangunan gedung berlantai dua berjumlah enam lokal ditambah empat lokal.

3.   Periode Drs. Wachidin ( Tahun 2002 s.d tahun 2005)
Selanjutnya Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. Wachidin tahun pelajaran 2003-2005 (22 bulan). Dalam kepemimpinannya yang lebih ditekankan adalah kuantitas kelulusan. Pembangunan Masjid “Daarul Uluum” diresmikan oleh Kakanwil Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Bapak Drs. H. Mulyono selaku Kepala TU Kanwil Depag Provinsi Jawa Tengah.
4.   Periode Drs. H. Noor Salim Mochtar, M.Pd (Tahun 2005/2006)
Pada tahun pelajaran 2005/2006 Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. H. Noor Salim Mochtar, M.Pd. Sebelumnya sempat dijabat oleh Plt Bapak Drs. H. M. Kamaluddin, M.M. sebagai Plt sampai dua kali pada tahun 2005 dan tahun 2006 (awal tahun 2007). Selama kemimpinanannya yang diprioritaskan adalah upaya peningkatan kualitas dan kedisiplinan.
5.   Periode Drs. Muh. Muntoyo, M.Pd. ( Tahun 2007 s.d sekarang)
Sebelum kepemimpinan Bapak Drs. Muh. Muntoyo, M.Pd sempat dijabat oleh Plt Bapak Drs. H. M. Kamaluddin, M.M. sebagai Plt pada tahun 2006 sampai awal tahun 2007. Kini Tahun Pelajaran 2008/2009 MTs Negeri Margadana Kota Tegal telah memiliki 974 siswa yang terbagi dalam 23 kelas yang diampu oleh 62 orang guru/pegawai. Dalam kepemimpinannya, ada perubahan yang mendasar, yaitu gedung Koperasi yang sudah menjadi gedung sendiri dan gedung Kepala Madrasah yang berdiri sendiri terpisah dengan gedung Tata Usaha.














LAMPIRAN   1         
Tanah dan Bangunan MTs Negeri Margadana Kota Tegal
Letak Geografis:
            MTs Negeri Margadana Kota Tegal terletak di wilayah Kota Tegal bagian barat, (5 km dari Pusat Pemerintahan Kota Tegal) atau 1 km sebelah timur Terminal Bus Kota Tegal berdiri di tengah-tengah area persawahan tepatnya di jalur pantura Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana. Sebelah Timur berbatasan dengan Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Kota Tegal, sebelah selatan, barat dan utara berbatasan dengan tanah persawahan milik warga Pesurungan Lor. Tempat ini sangat nyaman untuk lokasi pendidikan dikarenakan suasana yang jauh dari kebisingan arus lalu lintas kendaraan.
























LAMPIRAN 4
Rekapitulasi Data Guru, Karyawan, dan siswa Tahun Pelajaran 2008/2009
4.1.   Struktur Organisasi
MTs Negeri Margadana Kota Tegal, sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai visi menjadi sekolah Islami unggulan dan terpercaya memerlukan pengorganisasian yang rapi, teratur dan tertib. Dalam organisasi ada sekelompok orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan. Untuk itu diperlukan upaya adanya Struktur Organisasi yang betul- betul dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Adapun struktur organisasinya sebagai berikut:

 

STRUKTUR ORGANISASI

MTs NEGERI MARGADANA KOTA TEGAL
PERIODE (2007–2011)

 




















Struktur Organisasi tersebut di atas adalah sebagai berikut:
1. Kepala Madrasah                : Drs. Muh. Muntoyo. MPd
2. Kepala Tata Usaha              : Rachmad Widodo
3. Waka Kurikulum                 : Drs. Fatchurodji
4. Waka Kesiswaan                 : Sutejo. SPd
5. Waka Sarana Prasarana       : Khalimi, BA
6. Waka Humas                       : Dra. Hj. Siti Fasikha
7. Riset dan Pengembangan    : 1. Ghusni Darodjatun
                                                  2. Drs. M. Muslihin
Pembina–Pembina :
1. Pembina OSIS                    : Efi Juaeni. SPd
2. Pembina Pramuka               : a. Gunawan. S.Si
                                                  b. Dra. Misbahul Jannah
3. Pembina Agama                  : a. Khasbullah, S.Ag
                                                  b. Dra. Hj. Alfiyah
4. Pembina Olah Raga                        : a. Beny Dwi Setyoko SPd
                                                  b. Hatin Azas Asih. SPd
5. Pembina Mading                 : Dra. Hj. Elah Laely Warsiah. MPd
6. Pembina Drum Band          : M. Arief Budiarto. SPdI
7. Pembina Lab IPA               : Titi Sunarti. SPd
8. Pembina UKS/PMR            : a. M. Evan Afrodin
                                                  b. Ani Wakhyuni. SPd
9. Pembina Perpustakaan        : Lilis Sulistyowati SPd
10.Pembina Beladiri                : Yani Susyanti. SPd
11.Pembina Kesenian              : Trisniyanti, SE
12. Pembina Lab Komputer    : M. Arief. BA.
13. Pembina Bahasa Inggris    : a. Ketua         : Slamet Saefurrohman. Sag
                                                  b. Sekretaris  : Tatiek Sulistiorini. SPd
                                                  c. Anggota    : Guru Bahasa Inggris
14. Pembina Bahasa Arab       : a. Ketua         : Amaludin. S.Ag
                                                  b. Sekretaris  : Muh. Subhan. S.Ag
                                                  c Anggota     : Guru Bahasa Arab
15. Pembina Matematika        : 1. Ketua        : Ghusni Darodjatun. SPd
                                                  2. Sekretaris  : Heru Wahyuni. S.Ag
                                                  3. Anggota    : Guru Matematika
16. Pembina IPA                     : 1. Ketua        : Drs. M. Muslihin
                                                  2 Sekretaris   : Zuamah. S.Pd
                                                  3 Anggota     : Guru IPA
Dalam penetapan Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha harus yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil penuh dan melalui mekanisme sesuai dengan peraturan kepegawaian. Pertama Kepala Kantor Kantor Departemen Agama Kota Tegal mengusulkan Calon Kepala Madrasah  dan Kepala Tata Usaha kepada Kepala Kantor Wilayah Departeman Agama Provinsi Jawa Tengah untuk diterbitkan Surat Keputusan penetapan Kepala Mdrasah dalam satu periode ( 4 tahun ).
Sedangkan untuk penetapan Wakil Kepala berdasarkan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan profesionalitas. Bagi guru yang mempunyai DUK tertinggi dan memenuhi persyaratan lainnya maka akan ditetapkan sebagai Wakil Kepala dalam satu Periode (2 tahun) dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah.  Begitu juga dalam penetapan Wali Kelas dan para pembina/pembimbing sesuai dengan kebijakan Kepala Madrasah berdasarkan rapat dinas yang diselenggarakan tiap awal Tahun Pelajaran.[1]
4.2.   Keadaan Guru dan Pegawai
   1.      Pembagian Tugas Guru :
            Pembagian tugas guru berdasarkan kualifikasi pendidikan yang dimiliki masing-masing guru dengan penjelasan sebagai berikut:
            a. Kepala Madrasah                      : Mempunyai jam wajib 6 jam
            b. Wakil Kepala Madrasah            : Mempunyai jam wajib  9 jam
            c. Guru Mata Pelajaran                 : Mempunyai jam wajib 24 jam
            d. Guru Bimbingan Konselling     : Mempunyai kewajiban membina 15 siswa








Rekapitulasi Jumlah PENDIDIK & TENAGA KEPENDIDIKAN
MTs NEGERI MARGADANA KOTA TEGAL
( dari Tahun Pelajaran 2003 / 2004 sampai dengan Tahun Pelajaran 2008 / 2009 )







A. Pendidik ( Guru )












No
Tahun Pelajaran
Jenis Kelamin
Status
Jumlah Total
L
P
PNS
GTT







1
2003 / 2004
14
11
12
13
25
2
2004 / 2005
16
15
14
17
31
3
2005 / 2006
18
19
24
13
37
4
2006 / 2007
19
19
24
14
38
5
2007 / 2008
21
26
28
19
47
6
2008 / 2009
22
26
29
19
48
B. Tenaga Kependidikan ( Karyawan )










No
Tahun Pelajaran
Jenis Kelamin
Status
Jumlah Total
L
P
PNS
PTT







1
2003 / 2004
4
3
3
4
7
2
2004 / 2005
4
3
3
4
7
3
2005 / 2006
5
3
4
4
8
4
2006 / 2007
5
5
3
7
10
5
2007 / 2008
6
7
3
10
13
6
2008 / 2009
6
7
4
9
13














C. Pendidik & Tenaga Kependidikan










No
Tahun Pelajaran
Jenis Kelamin
Status
Jumlah Total
L
P
PNS
Non PNS







1
2003 / 2004
18
14
15
17
32
2
2004 / 2005
20
18
17
21
38
3
2005 / 2006
23
22
28
17
45
4
2006 / 2007
24
24
27
21
48
5
2007 / 2008
27
33
31
29
60
6
2008 / 2009
28
33
33
28
61







Keadaan Siswa                                 
            Jumlah siswa MTs Negeri Margadana Kota Tegal dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa minat/animo masyarakat Kota Tegal untuk memilih lembaga MTs bertambah tinggi.Adapun jumlah siswa pada Tahun Pelajaran 2004/2005 sampai 2008/2009 adalah sebagai berikut :
No
Tahun Pelajaran
Jumlah Siswa
Jml
Mutasi
Putra
Putri
Masuk
Keluar
7
8
9
7
8
9
1.
2004/2005
130
110
98
168
130
100
736
7
15
2.
2005/2006
134
144
99
140
174
88
779
2
19
3.
2006/2007
172
125
123
141
145
147
853
2
24
4.
2007/2008
160
153
120
216
135
140
924
0
21
5.
2008/2009
150
144
144
187
216
133
974
2
13

      Sedangkan angka putus sekolah / drop out mencapai 2 % hal ini dipengaruhi adanya faktor ekonomi masyarakat.

Susunan Komite MTs Negeri Margadana Periode : Tahun 2007 – 2010
            Untuk membantu terlaksananya Penyelenggaraan Pendidikan maka dibentuklah suatu badan yang lebih lazim disebut KOMITE  dan berfungsi sebagai penghubung antara orang tua siswa dengan pihak madrasah sehingga akan terjalin sinergi yang harmonis dan menyusun program-program madrasah sesuai dengan kemampuan orang tua siswa, adapun susunan Komite tersebut adalah sebagai berikut :
a. Ketua                 : Drs. H. Muh. Nasukha ( Tokoh Masyarakat )
      b. Wakil Ketua      : Drs. H. Suwarso. MPd ( Orang Tua Siswa )
      c. Sekretaris           : R. Widodo                   ( Orang Tua Siswa )
d. Bendahara         : H. Syahadin                 ( Tokoh Masyarakat )
e. Seksi Humas      : Haris Mufrodi              ( Orang Tua Siswa )
  Keterangan : Susunan Komite dipilih dari orang tua wali murid / tokoh masyarakat yang peduli terhadap perkembangan Madrasah dan pendidikan



 Sarana dan Prasarana:
Sarana dan prasarana adalah salah satu kunci pokok keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, adapun sarana dan prasarana yang telah dimiliki MTs Negeri Margadana Kota Tegal sampai dengan saat ini adalah sebagai berikut :
a.   Data Tanah dan bangunan:
1.      Jumlah luas tanah yang dimiliki : 8010 m2
2.      Jumlah tanah yang sudah bersertifikat : 3610 m2
3.   Luas bangunan yang ada : 3300 m2
4.   Denah dan Lay Out terlampir
b.   Ruang dan Gedung.
No
Jenis
Lokal
M2
Kondisi
Ket
Baik
Rusak
1
Raung Kepala
1
43
1
-
-
2
Ruang Kelas
23
-
23
-
-
3
Raung Kantor TU
1
43
1
-
-
4
Raung Guru
1
262
1
-
-
5
R Perpustakaan
1
135
1
-
-
6
Ruang Lab IPA
1
135
1
-
-
7
R Lab Komputer
1
81
1
-
-
8
Ruang BK/UKS
1
43
1
-
-
9
Kamar mandi
10
30
7
3
-
10
Musholla
1
144
1
-
-
11
R. Ketrampilan
-
-
-
-
-
12
Aula
-
-
-
-
-
13
Halaman Upacara
1
800
1
-
-
14
Lapangan OR
1
1200
1
-
-
           
Keterangan   : Sarana prasarana pokok untuk kegiatan proses belajar mengajar telah terpenuhi berikut sarana prasarana penunjang sebagian besar juga telah terpenuhi. Adapun untuk tanah 3610 wakaf dan 4400 M2 hibah dari Pemerintah Kota Tegal pada Tahun 2003
c. Data Inventaris
No
Jenis
Jml

Kondisi

Ket
Baik
Rusak
1
Almari
35
30
5

2
Meja Kerja
80
78
2

3
Meja Murid
990
975
15

4
Kursi Kerja
80
75
5

5
Komputer
28
28
-

6
Elektronic
15
13
2

7
AC
1
1


8
Mesin Ketik
4
1
3

9
Pompa air
2
1
1

10
Kursi tamu
4
3
1

                 
D Data Buku Perpustakaan
No
Jenis Buku
Jml
Kondisi
Ket
Baik
Rusak
1
Buku Pegangan Guru
170
135
35

2
Buku Pegangan siswa
1825
1725
100

3
Buku Bacaan Lainnya
90
75
15

Keterangan       : Untuk kebutuhan buku khususnya buku mata pelajaran masih kurang, sehingga cara menggunaannya bergantian  antar kelas

            Selain melaksanakan kegiatan intrakurikuler MTs Negeri Margadana juga melaksanakan kegiatan Ekstrakurikuler, yang meliputi :
1.                  Komputer
2.                  Kepramukaan
3.                  Baca Tulis Al-Qur’an
4.                  Qira’ati
5.                  Olahraga (Bola Volly, Baket, sepak bola, beladiri, bulu tangkis, tennis meja, catur)
6.                  Drumband
7.                  Teater
8.                  Rebana
9.                  PMR
10.              PHBI dan PHBN
11.              Dan kegiatan-kegiatan lainnya.




[1] Wawancara dan dok, tanggal 15 Oktober 2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar