Madrasahku

Madrasahku
Sholat Idul Adha

Selasa, 17 Januari 2012

MERANCANG DAN MELAKUKAN PENILAIAN SUMATIF

MERANCANG DAN MELAKUKAN PENILAIAN SUMATIF

(PERTEMUAN KE-7)

PENILAIAN SUMATIF

Penilaian sumatif  adalah penilain yang di laksanakan pada akhir unit program, yaitu akhir catur wulan, akhir semester, dan akhir tahun. Tujuannya adalah untuk melihat hasil yang di capai   oleh para siswa, yakni seberapa jauh tujuan – tujuan kurikuler di kuasai oleh para siswa. Penilaian ini berorientasi kepada produk, bukan kepada proses. 

Manfaat penilaian sumatif bagi guru :

1.       Untuk membuat laporan kemajuan belajar siswa
2.       Menata kembali seluruh pokok bahasan dan subpokok bahasan setelah melihat hasil tes sumatif, terutama untuk materi yang belum dikuasai siswa.
3.       Melakukan penyempurnaan dan perbaikan alat penilaian tes sumatif yang telah digunakan berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh siswa.
4.       Merancang program belajar siswa pada semester berikutnya berdasarkan hasil-hasil yang dicapai dari tes sumatif sebelumnya.

Baik formatif maupun sumatif semuanya akan bermanfaat bagi

1.       Guru

a. Dapat mengetahui kemampuan dirinya sebagai pengajar.
b. Mengetahui pendapat atau aspirasi para siswanya dalam berbagai hal yang berkenaan dalam belajar mengajar.

2.       Siswa

Dapat meningkatkan dan memotivasi belajar yang lebih baik lagi berdasarkan hasil penilaian mengenai cara belajar dan kesulitan belajar serta hubungan sosial

3.       Pemegang kebijakan

a.  Meningkatkan upaya-upaya pembinaan para guru dan siswa.
b.  Meningkatkan kemampuan profesional tenaga guru.
c.  Menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan.


Bahan bacaan :   
1.      Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
2.      Slameto, 1991, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta : Bumi Aksara
3.    Sudijono Anas, 2009, Pengntar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
4.  Sudjana Nana , 2004, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 
5.  Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran, Jakarta ; Raja Grafindo Persada.  
6.   M. Atwi Suparman, Desain Instruksional (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar